يَا رَبَّنَا بِجَاهِ تَاجِ الْعَارِفِيْنَ ï وَجَاهِ حَامِلِ لِوَاءِ الْوَاصِلِيْنَ

Ya Allah, Ya Tuhan kami dengan pangkat kebesaran pemilik mahkota ahli ma'rifah dan pangkat pemegang bendera kelompok manusia yang telah wushul (sampai ke puncak keyakinan)


قُدْوَتِنَا وَشَيْخِنَا التِّجَانِي ï قَائِدِنَا لِمَنْهَجِ الْعَدْنَانِي

Panutan dan guru kami yakni Syekh Ahmad Tijani, seorang pemandu yang menyampaikan kami kepada tuntunan Nabi Muhammad

يَا رَبِّ ثَبِّتْنَا عَلَى اْلإِيْمَانِ ï وَاحْفَظْ قُلُوْبَنَا مِنَ الْكُفْرَانِ

Ya Tuhanku tetapkan kami atas iman dan jaga hati kami dari segala bentuk kekufuran

وَاحْمِ جَمِيْعَنَا مِنَ الشَّيْطَانِ ï وَحِزْبِهِ مِنْ إِنْسٍ أَوْ مِنْ جَانِّ

Lindungi kami dari kejahatan syetan dan kelompoknya dari bangsa manusia dan jin


نَسْأَلُكَ التَّوْبَةَ وَالتَّوْفِيْقَ ï وَالْعِلْمَ وَالْعَمَلَ وَالتَّحْقِيْقَ

Kami mohon kepada-Mu taubat dan mendapat kekuatan untuk melakukan kebaikan, ilmu dan pengamalan serta ketepatan dalam segala hal


وَالصَّبْرَ وَالنَّصْرَ عَلَى اْلأَعْدَاءِ ï وَالْجَمْعَ فِي الذِّكْرِ عَلَى الْوِلاَءِ

Berikan kami kesabaran dan kemenangan atas musuh-musuh. Dan jadikan kami selalu berkumpul bersama dalam melakukan dzikir


وَالْفَوْزَ بِالنَّعِيْمِ فِي الْجِنَانِ ï مَعَ النَّبِيّ وَشَيْخِنَا التِّجَانِي

Mendapat kesuksesan dengan mendapat ni'mat di surga bersama Nabi Muhammad dan guru kami Syekh Ahmad Tijani


مَا لَنَا فِي الْكَوْنِ سِوَى الرَّحْمَانِ ï وَالْمُصْطَفَى وَشَيْخِنَا التِّجَانِي

Kami tidak memiliki harapan apa-apa di alam ini melainkan kepada-Mu Ya Allah (Yang Maha Pengasih), manusia terpilih Nabi Muhammad dan guru kami Syekh Ahmad Tijani

هَذِي هَدِيَّةٌ بِفَضْلِ اللهِ ï مِنَّا إِلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ

Dzikir ini merupakan hadiah untukmu Ya Rasulullah dari kami yang semata-mata merupakan pemberian Allah


هَدِيَّةً لِلْمُصْطَفَى الْعَدْنَانِي ï نِيَابَةً عَنْ شَيْخِنَا التِّجَانِي

Hadiah penghormatan buat manusia terpilih Nabi Muhammad keturunan Adnan juga sebagai mandate dari guru kami syekh Ahmad Tijani

آميْنَ آميْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا ï وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَانَا

Terimalah, terimalah dan kabulkan Ya Allah, doa-doa kami. Jangan Kau kecewakan segala harapan kami

Doa ini merupakan Qashidah tawassul kepada Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu. qashidah ini biasanya dibaca setelah selesai membaca wirid lazimah dan wazhifah.

Dikutip dari kitab Ghayatul Muna Wal Murad Fima Littijaniy Minal Aurad halaman 27.

Senin, 16 September 2013

SHALAT SYARIAT DAN SHALAT TAREKAT MENURUT SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI


Shalat syariat, sebagaimana telah diketahui dalam Al-Quran disebutkan: “Hendaklah kamu menjaga shalat-shalatmu dan shalat wustha (yang di tengah).” (QS. Al-Baqarah [2]: 238)
Maksud dari shalat syariat ialah shalat yang rukun-rukunnya berkaitan dengan gerakan anggota badan yang lahir, seperti berdiri, lidah membaca ayat atau surah, rukuk, sujud, duduk, mengeluarkan suara dan bacaan-bacaan. Oleh karena itu, pada ayat di atas disebutkan dengan kata berbentuk jamak “shalawât” (beberapa shalat). Allah SWT berfirman, “Hendaklah kamu menjaga shalat-shalatmu.”
Adapun shalat tarekat adalah shalatnya kalbu dan itu dilakukan tanpa batas waktu atau selama-lamanya. Sebagaimana disebut dalam Al-Quran, “Shalat Wustha.” Maksud dari shalat al-wusthâ yaitu shalat hati karena kalbu berada di tengah (al-wasth) badan; antara kanan dan kiri; antara atas dan bawah; yang menjelaskan rasa antara bahagia dan menderita.
Sebagaimana ditegaskan dalam sabda Rasulullah SAW,


“Sesungguhnya kalbu manusia ada di antara dua jari-jari Allah. Allah membolak-balikkannya sesuai dengan kehendak-Nya.” (HR. Muslim)
Maksud dari dua jari Allah SWT ialah dua sifat Allah, yaitu sifat Maha Memaksa dan sifat Maha Lembut. Dari ayat dan hadis di atas diketahui bahwa shalat yang pokok adalah shalat kalbu. Bila shalat kalbu dilupakan, maka rusaklah shalat kalbu dan shalat jawarih-nya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,
“Tidaklah sah shalat seseorang kecuali disertai dengan hadirnya kalbu.”
Hal itu karena orang yang shalat itu sedang bermunajat (berdialog) dengan Tuhannya. Sedangkan, alat untuk munajat adalah kalbu. Bila kalbu lupa maka batallah shalat hati dan shalat badannya karena hati merupakan inti dimana anggota badan yang lain mengikutinya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,
“Sesungguhnya di dalam jasad manusia ada segumpal daging. Bila ia baik, sekujur badan akan ikut baik dan bila ia buruk, sekujur badan pun menjadi buruk. Itulah hati.” (HR. Al-Bukhari)
Shalat syariat mempunyai waktu tertentu, dimana dalam satu hari satu malam wajib dikerjakan lima kali. Dan, sunahnya shalat syariat ini dilakukan di masjid dengan berjamaah, menghadap Ka’bah dan mengikuti gerakan imam, tanpa riya’ dan sum’ah.
Sedangkan shalat tarekat dilakukan seumur hidup tanpa batas waktu. Masjidnya adalah hati. Cara berjamaahnya ialah dengan memadu kesucian batin untuk menyibukkan diri dengan asma-asma tauhid melalui lisan batin. Imamnya adalah rasa rindu di dalam hati untuk sampai kepada Allah. Kiblatnya ialah Hadirat Allah Yang Maha Tunggal dan Keindahan Ketuhanan. Itulah kiblat yang hakiki. Selamanya, hati dan ruh tidak boleh lepas dari shalat ini.
Maka pada saat itu, kalbu yang hidup tidak akan tidur dan tidak akan mati. Ia selalu punya kegiatan, baik saat tidur maupun terjaga. Shalat kalbu dilakukan dengan hidupnya kalbu tanpa suara, berdiri dan duduk. Ia selalu berhadapan dengan Allah SWT dan senantiasa siaga dengan ucapan, “Kepada-Mu kami beribadah dan kepada-Mu kami memohon pertolongan,” dan mengikuti Nabi Muhammad SAW karena begitulah keadaan Nabi. Al-Qadhi dalam menafsirkan ayat ini berkata, “Ayat ini merupakan isyarat tentang kalbu seorang ahli makrifat kepada Allah, yang telah berpindah dari keadaan gaib (memandang Allah gaib) kepada Hadrat Ahadiyah (selalu merasa bersama Allah SWT). Ini, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Para Nabi dan para wali selalu shalat di alam kuburnya, seperti halnya mereka shalat di rumahnya.”
Artinya, mereka selalu sibuk bermunajat pada Allah karena hatinya yang hidup.
Bila dua shalat syariat dan shalat tarekat telah berpadu secara lahir dan batin, maka sempurnalah shalat itu dan pahalanya pun sangat besar. Pahala berupa Al-Qurbah (dekat dengan Allah) yang diraih oleh shalat ruhaniahnya dan pahala derajat (surga) yang diraih oleh shalat badannya. Maka orang yang melakukan shalat seperti ini berarti ia lahiriahnya ahli ibadah, dan batinnya ‘ârif billâh (makrifat kepada Allah). Dan, bila shalatnya tak berpadu antara shalat syariat dan shalat tarekat dengan hati yang hidup, maka shalatnya kurang dan pahalanya pun hanya derajat, tidak mendapat pahala Al-Qurbah.
--Dikutip dari terjemah kitab Sirrul Asrar karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, terjemah KH Zezen ZA Bazul Asyhab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar