يَا رَبَّنَا بِجَاهِ تَاجِ الْعَارِفِيْنَ ï وَجَاهِ حَامِلِ لِوَاءِ الْوَاصِلِيْنَ

Ya Allah, Ya Tuhan kami dengan pangkat kebesaran pemilik mahkota ahli ma'rifah dan pangkat pemegang bendera kelompok manusia yang telah wushul (sampai ke puncak keyakinan)


قُدْوَتِنَا وَشَيْخِنَا التِّجَانِي ï قَائِدِنَا لِمَنْهَجِ الْعَدْنَانِي

Panutan dan guru kami yakni Syekh Ahmad Tijani, seorang pemandu yang menyampaikan kami kepada tuntunan Nabi Muhammad

يَا رَبِّ ثَبِّتْنَا عَلَى اْلإِيْمَانِ ï وَاحْفَظْ قُلُوْبَنَا مِنَ الْكُفْرَانِ

Ya Tuhanku tetapkan kami atas iman dan jaga hati kami dari segala bentuk kekufuran

وَاحْمِ جَمِيْعَنَا مِنَ الشَّيْطَانِ ï وَحِزْبِهِ مِنْ إِنْسٍ أَوْ مِنْ جَانِّ

Lindungi kami dari kejahatan syetan dan kelompoknya dari bangsa manusia dan jin


نَسْأَلُكَ التَّوْبَةَ وَالتَّوْفِيْقَ ï وَالْعِلْمَ وَالْعَمَلَ وَالتَّحْقِيْقَ

Kami mohon kepada-Mu taubat dan mendapat kekuatan untuk melakukan kebaikan, ilmu dan pengamalan serta ketepatan dalam segala hal


وَالصَّبْرَ وَالنَّصْرَ عَلَى اْلأَعْدَاءِ ï وَالْجَمْعَ فِي الذِّكْرِ عَلَى الْوِلاَءِ

Berikan kami kesabaran dan kemenangan atas musuh-musuh. Dan jadikan kami selalu berkumpul bersama dalam melakukan dzikir


وَالْفَوْزَ بِالنَّعِيْمِ فِي الْجِنَانِ ï مَعَ النَّبِيّ وَشَيْخِنَا التِّجَانِي

Mendapat kesuksesan dengan mendapat ni'mat di surga bersama Nabi Muhammad dan guru kami Syekh Ahmad Tijani


مَا لَنَا فِي الْكَوْنِ سِوَى الرَّحْمَانِ ï وَالْمُصْطَفَى وَشَيْخِنَا التِّجَانِي

Kami tidak memiliki harapan apa-apa di alam ini melainkan kepada-Mu Ya Allah (Yang Maha Pengasih), manusia terpilih Nabi Muhammad dan guru kami Syekh Ahmad Tijani

هَذِي هَدِيَّةٌ بِفَضْلِ اللهِ ï مِنَّا إِلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ

Dzikir ini merupakan hadiah untukmu Ya Rasulullah dari kami yang semata-mata merupakan pemberian Allah


هَدِيَّةً لِلْمُصْطَفَى الْعَدْنَانِي ï نِيَابَةً عَنْ شَيْخِنَا التِّجَانِي

Hadiah penghormatan buat manusia terpilih Nabi Muhammad keturunan Adnan juga sebagai mandate dari guru kami syekh Ahmad Tijani

آميْنَ آميْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا ï وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَانَا

Terimalah, terimalah dan kabulkan Ya Allah, doa-doa kami. Jangan Kau kecewakan segala harapan kami

Doa ini merupakan Qashidah tawassul kepada Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu. qashidah ini biasanya dibaca setelah selesai membaca wirid lazimah dan wazhifah.

Dikutip dari kitab Ghayatul Muna Wal Murad Fima Littijaniy Minal Aurad halaman 27.

Jumat, 11 April 2014

Sejarah Sayyid Ali At-Thoyyib at-Tijany al-Hasany Perintis Thorekoh Tijaniyah Di indonesia

Sayyid Ali bin Abdullah at-Thoyyib al-Sufyani al-Azhari
al-Madani al- Hassani R.A
Al-Imam Ahli Thoriqoh al-Tijaniyyah
al-Allamah al-Fadhil al-Shodiq fi-Hubbil Habibb

Syeikh Ali bin Abdullah bin Mustofa al-Thoyyib al-Hasany
Al-Amin al-Fatwa Syafi’iyyah Sabiqon bil Madinah al-Munawwarah

Geneologi

Sayyidina Syeikh al-Arif Billah al-Waliy al-kabir Habibb al-Syarif Ali bin Abdullah al-Thoyyib al-Azhari al-Madani al-Hassani RA, adalah seorang Ulama besar yang berasal dari Kota Rosulullah SAW. Beliau dilahirkan di Madinah al-Munawwarah kira-kira pada penghujung Abad ke-19 dan berasal dari keluarga keturunan ahlul Bayt Nabi SAW. Sayyid Ali al-Thoyyib adalah putra dari Syarif Abdullah bin Mustofa bin Hamid bin ahmad bin Sayyid Muhammad al-Thoyyib al-Sufyani bin Sayyidi Muhammad bin Maulay Ahmad bin Muhammad bin Muhammad bin Ustman bin Muhammad bin Ahmad Muhammad bin ‘Isa bin Ustman bin Ismail bin Abdul Wahhab bin Yusuf bin Syaidan bin Ammaroh bin Yahya bin Abdullah bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Maulana Idris al-Azhari bin Maulana Idris al-Akbar (Maulana Idris al-Akbar ini adalah kakak beradik dengan Sayyid Muhammad an-Nafsu Zakiyyah “ Muhammad an-Nafsu Zakiyyah ini adalah kakek moyangnya syekh Ahmad at-Tijani” ) bin Abdullah al-Kamil bin Hassan al-Mutsanna bin Hassan ash-Shibti bin Sayyidina Ali bin Abi Tholib Karramallahu Wajhahu, Suami dari Sayyidah Siti Fatimah al-Zahro bintu Sayyidina Wa Habibana Muhammad Rosulullah SAW.
Nama al-Thoyyib pertama kali berasal dari nama buyut Beliau Yakni Sayyidina Muhammad Yang bergelar al-Thoyyib As-Sufyani (“Sayyidina Muhammad yang bergelar al-Thoyyib as-Sufyani ini adalah salah satu sahabat dekat Assyarif Sayyid Abil Abbas Ahmad Bin Muhammad al-Tijany dan sekaligus sahabat terdekat yang dicintai Syeikh Ahmad al-Tijani, dan Juga Beliau lah Yang Memandikan Jasad Syeikh Ahmad al-Tijani atas perintah langsung dari Syeikh Ahmad Tijani. Beliau juga sempat mengarang kitab al-Tijany Yakni Kitab al-Ifadatul Ahmadiyah.”dan nama Gelar al-Thoyyib disamping itu juga disebut juga as-Sufyani.) Dan nama marga/Fam al-Thoyyib al-Hassany  ini diteruskan kepada anak cucunya hingga saat ini.

Rabu, 09 April 2014

Kitab Thal'ah al-Anwar Di Mata Para Pemerhati Hadis ( طلعة الأنوار في علم أثار النبي المختار )


طلعة الأنوار في علم أثار النبي المختار

Ulumul Hadis memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui otentisitas dan orisinalitas hadis Nabi. Sebelum seseorang mempelajari atau mengadakan penelitian hadis, maka terlebih dahulu harus mengerti istilah-istilah yang dipakai para ulama dalam mempelajari hadis.
Banyaknya kitab-kitab para ulama dalam ulumul hadis menjadi tanda bahwa mereka memiliki perhatian khusus dalam ilmu ini. Di antara para ulama yang memberikan sumbangan intelektualnya dalam ulumul hadis adalah Syekh Abdullah Bin Ibrahim al-Alawiy as-Syinqithiy (Wafat 1233 H) seorang ulama kharismatik dari kota Syinqith, Mauritania, Afrika Utara melalui karya beliau "Thal'ah al-Anwar Fi Ilm Atsar an-Nabiy al-Mukhtar". Kitab ini berbentuk nazham dan terdiri kurang lebih dari 300 bait.

Qashidah Tawassul Kepada Rasululllah Dan al-Khalifah al-Arba'ah

Qashidah Tawassul Kepada Rasululllah Dan al-Khalifah al-Arba'ah

تَشَفَّعْ يَا رَسُـوْلَ اللهِ فِيْنَا * فَمَا نَرْجُو الشَّفَاعَةَ مِنْ سِوَاكَ
Ya Rasulallah, berikanlah kami syafaat, kami tidak mengharap syafaat selain kepadamu

أَغِثْ يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهِ قَوْمًا * ضِعَافًا ظِلُّهُمْ أَبَدًا لِوَاكَ 
Berikan pertolonganmu wahai makhluq Allah yang paling mulia kepada kaum yang 
lemah yang berlindung pada naungan benderamu selamanya 

وَأَسْــرِعْ فِي إِغَاثَتِنَا فَإِنَّا * نَرَى الْمَوْلَى يُسَارِعُ فِي رِضَاكَ 
Percepatlah pertolonganmu untuk menolong kami, lantaran kami yakin Allah Taaala akan segera memberikan apa yang menjadi kesenanganmu

Syamail Muhammadiyyah ( لم يحتلم قط طه مطلقا أبدا )




الشمائل المحمدية الشريفة
لَمْ يَحْتَلِمْ قَطُّ طٰـهَ مُطْـلَقًا أَبَدًا
وَمَا تَثـَائَبَ أَصْـلاً فِىْ مَدَى الزَّمَنِ
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam tidak pernah mimpi jima (bersetubuh) baik sebelum jadi Nabi atau setelahnya. Beliau sama sekali tidak pernah menguap sepanjang masa,
مِنْهُ الدَّوَابُ فَـلَمْ تَهْرَبْ وَمَـا وَقَعَتْ
ذُبَابَةٌ أَبَـدًا فِى جِسْمِـهِ الْحَسَنِ
Tidak ada satupun binatang yang melarikan diri (liar) dari beliau. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau yang mulia.
بِخَلْـفِهِ كَأَمَـامٍ رُؤْيَةٌ ثَـــبَتَتْ
وَلَا يُرٰى أَثْـرُ بَوْلٍ مِـنْهُ فِيْ عَلَنِ
Beliau bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti beliau melihat sesuatu itu benar-benar ada di hadapannya. bekas air kencing beliau tidak pernah di lihat di permukaan bumi.
وَقَلْبُهُ لَمْ يَنَـمْ وَالْعَيْنُ قَدْ نَعَسَتْ
وَلَايَرٰى ظِـلَّهُ فِى الشَّمْسِ ذُوْ فَـطِنِ
Hati beliau tidak pernah tidur, walaupun mata beliau mengantuk. Bayangan beliau tidak pernah dapat dilihat oleh orang cerdas ketika beliau kena sinar matahari.
كَـتْفَاهُ قَدْ عَلَـتَا قَوْمًا إِذَا جَلَسُوْا
عِنْـدَ الْوِلَادَةِ صِـفْ يَا ذَا بِمُخْتَتَنِ
Dua pundak beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak oran-orang yang duduk bersama beliau. Ceritakanlah sifat beliau bahwa beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan
هَذِي الْخَصَائِصَ فَاحْفَظْهَا تَكُنْ أٰمِنًا
مِنْ شَرِّ نَـارٍ وَسُرَّاقٍ وَمِـنْ مِحَنِ
Ini semua merupakan keistimewaan beliau, hendaknya engkau hapalkan bait tersebut, niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan mushibah. 
Penjelasan:

Bait berbahar Basith di atas banyak dikutip oleh para ulama dalam kitab-kitab mereka, di antaranya dicatat oleh al-Musnid Sayyid Aidrus Bin Umar al-Habsyiy (wafat tahun 1314 Hijriyah) dalam kitab Iqd al-Yawaqit al-Jauhariyyah Wa simth al-Ain al-Dzahabiyyah jilid kedua halaman 53, dan Sayyid Ulama Hijaz (pemimpin ulama kota hijaz) Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Bantaniy (wafat tahun 1314 Hijriyah) dalam kitab Maraqi al-Ubudiyyah Syarh Bidayah al-Hidayah halaman 2, dan di kitab-kitab lainnya. kemudian qashidah "Lam Yahtalim" diterjemahkan oleh KH Abdurrahman Nawi dengan menggunakan bahasa arab melayu orang betawi tempo dulu menyebutnya dengan istilah terjemah gantung lughah. Terjemahan beliau dapat kita lihat pada halaman terakhir kitab beliau yang bernama ( سلم العباد الى توحيد الأحد )
Di sebagian kitab, syamailul Muhammadiyah disebutkan dengan perbedaan redaksi:
خُـص نـبـيـٌّنا بعـشـر خـصـال * لم يحـتلم قـط وليـس لــه ظـلال
والأرض مـا يـخـرج مـنه تـبتلع * كـذلك الذبـاب عــنه مـمتـنع
تنـام عينـاه وقــلبـه لا ينـــام  * يرى مـن خلفه كـما يرى من أمام
لـم يـتـثـاءب قـط وهي السابعة  * ولــد مـخـتـونا لـها تـابـعـة
تعرفه الـدواب حـيـن يـركـب  *  تأتي إليـه سـريـعـة لا تـهـرب
يـعـلـو جـلوسـه جلوس الجلسـاء *  صـلـى عـليـه الله صبحـا ومسـاء
Bait-bait tersebut menceritakan sepuluh bagian dari keistimewaan yang Allah Taala berikan kepada Rasulullah shallallahu Alaihi Wa sallam:
1.      Tidak pernah ihtilam (mimpi jima)
2.      Tidak pernah angob (menguap)
3.      Binatang tidak pernah menjadi liar baik yang beliau jadikan kendaraan atau binatang lainnya
4.      Tubuh beliau tidak pernah dihinggapi lalat
5.      Dapat melihat sesuatu yang ada di belakang beliau, seperti melihat sesuatu yang ada di hadapannya.
6.      Air seni beliau tidak pernah dapat dilihat bekasnya di permukaan bumi
7.      Hati beliau tidak pernah tidur walaupun beliau mengalami ngantuk
8.      Bayangan beliau tidak pernah terlihat ketika matahari menyinari tubuh beliau
9.      Dua bahu beliau terlihat lebih tinggi dari bahu orang-orang yang sedang duduk bersama beliau.
10.  Beliau sudah dalam keadaan dikhitan ketika beliau dilahirkan.
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kekuatan kepada kita untuk mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan memiliki perhatian besar dalam mengkaji hikmah dari sifat dan keutamaan yang Allah berikan kepada beliau.
Keutamaannya:
Siapa saja yang menghafal bait-bait syamail Muhammadiyah di atas, maka dengan izin Allah ia akan mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian dan mushibah.

Musuh Para Wali Adalah Musuh Allah Taala (Karomah Sayyidina Usman Bin Affan Radhiyallahu Anhu)

Diriwayatkan dari seorang ulama besar generasi Tabi'in, Imam Muhammad Bin Sirin Radhiyallahu Anhu (wafat 110 H) beliau berkata:" Pada satu hari ketika aku melakukan tawaf di ka'bah, aku mendengar seorang lelaki berdoa: " Ya Allah, ampunilah dosaku sekalipun aku menyangka Engkau tidak mengampuninya." 

Kemulian Ulama Thariqah Tijaniyah Syekh Muhammad Bin Abdullah al-Ilghiy Radhiyallahu Anhu



Salah satu Ulama papan atas kebanggaan Thariqah Tijaniyah adalah Syekh al-Allamah al-Musnid al-Hafizh al-Faqih Sayyid Muhammad Bin Muhammad bin al-Mahdiy al-Hajujiy al-Idrisiy al-Hasaniy Rahimahullah Wanafaana Bihi Wa Bi Ulumihi. Amin. lahir tahun 1297 H. wafat tahun 1370 H. Dalam magnum opus beliau إتحاف أهل المراتب العرفانية بذكر بعض تراجم رجال الطريقة التجانية sebuah kitab yang mengiventarisir biografi ulama-ulama besar Thariqah Tijaniyah terdiri dari 8 jilid. Beliau menyebutkan nama Syekh Muhammad Bin Abdullah al-Ilghiy at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu, sebagai ulama terkemuka yang memiliki kesamaan nama, nasab dan cirri fisik dengan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.


Amalan 10 Muharram (Keutamaan Fantastis 10 Muharram)

Dikutip dari Kitab:

كَنْزُ النَّجَاحِ وَالسُّرُوْرِ فِي الْأَدْعِيَةِ الَّتِيْ تَشْرَحُ الصُّدُوْرَ
(Kanzunnajaah Wassuruur Fil Ad’iyah Allatii Tasyrahush shuduur)
halaman 18 s/d 22

Karya:
اَلشَّيْخُ عَبْدُ الْحَمِيْدِ بْنُ مُحَمَّدُ عَلِيٌّ قُدْسٌ
(Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds. Wafat 1334H)

مَا يُطْلَبُ فِيْ عَاشُوْرَاءَ
Perkara yang Dianjurkan pada Asyura

اِعْلَمْ أَنَّ مِنَ الْمَطْلُوْبِ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ إِحْيَاءَ لَيْلَتِهِ؛ فَهُوَ مِنْ أَعْظَمِ مَا حَثَّ عَلَيْهِ الشَّارِعُ؛ لِمَا فِيْهَا مِنَ الْإِمْدَادَاتِ الرَّبَّانِيَّةِ، وَالْفُيُوْضَاتِ الْإِحْسَانِيَّةِ، وَلَا سِيَّمَا بِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ أَوْ سَمَاعِهِ، وَبِمَا وَرَدَ مِنَ الْأَدْعِيَةِ وَالْأَذْكَارِ.

Ketahuilah, diantara perkara yang dianjurkan pada hari Asyura adalah menghidupkan malamnya. Hari Asyura termasuk diantara perkara yang paling agung yang dianjurkan oleh asy Syari’, karena didalamnya ada imdadat (pertolongan) yang bersifat rabbaniyyah, dan fuyudhat (limpahan) yang bersifat ihsaniyyat, apalagi dengan membaca Al Quran atau mendengarkannya, dan dengan doa dan dzikir yang datang (dari asy Syari’)

وَمِنَ الْمَطْلُوْبِ فِيْهَا أَيْضًا مَا ذَكَرَهُ الْعَلَّامَةُ الدَّيْرَبِيُّ فِيْ مُجَرَّبَاتِهِ مِنْ خَوَاصِّ آيَةِ الْكُرْسِيِّ، وَصَاحِبُ كِتَابِ نَعْتِ الْبِدَايَاتِ: أَنَّ مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ عَاشُوْرَاءَ بَعْدَ إِسْبَاغِ الْوُضُوْءِ وَصَلَاةِ رَكْعَتَيْنِ آيَةَ الْكُرْسِيِّ (ثَلَاثَمِائَةٍ وَسِتِّيْنَ مَرَّةً) يُبَسْمِلُ فِيْ أَوَّلِ كُلِّ مَرَّةٍ كَمَا مَرَّ فِيْ أَوَّلِ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهُ وَهُوَ مُسْتَقْبِلٌ لِلْقِبْلَةِ جَاثٍ عَلَى رُكْبَتَيْهِ، ثُمَّ بَعْدَ الْفَرَاغِ مِنَ الْعَدَدِ الْمَذْكُوْرِ يَقْرَأُ (قُلْ بِفَضْلِ اللهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَلْيَفْرَحُوْا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُوْنَ) (ثَمَانٍ وَأَرْبَعِيْنَ مَرَّةً)، ثُمَّ يَقُوْلُ:

Shalawat al-Fatih Di Mata al-Hafizh Sayyid Ahmad al-Ghumari al-Hasaniy al-Maghribiy

Disebutkan dalam kitab Darru al-Ghamam al-Raqiq Fi Rasail as-Siyadah  Ahmad Bin Shiddiq (halaman 150) sebuah kumpulan risalah-risalah Sayyid Ahmad al-Ghumariy yang dikumpulkan oleh guru kami tercinta yang memberikan ijazah kepada kami al-Muhaddist  Abul Futuh Syekh Abdullah Bin Abdul Qadir at-Talidiy dari kota Thonjah, Maroko: Bahwa Al-Hafizh Syekh Ahmad Bin Muhammad Bin as-Shiddiq al-Ghumariy al-Hasaniy (lahir tahun 1320 H. wafat tahun 1380 H) pada satu kesempatan mulia Syekh al-Hafizh Sayyid Ahmad al-Ghumariy bermimpi datang ke kota Madinah untuk berziarah ke maqam Rasulullah Shalllallahu Alaihi Wa Alihi Wa sallam. Ketika sampai di maqam Rasulullah, syekh Ahmad al-Ghumariy melihat Rasulullah sedang tidur dalam keadaan menutup wajah beliau yang indah, tatkala syekh Ahmad al-Ghumariy mendekati Rasulullah, sang Rasul membuka penutup wajahnya dan memandangi syekh Ahmad al-Ghumariy sambil mengulurkan tangan kanan beliau kemudian langsung saja syekh Ahmad al-Ghumariy mencium tangan Rasulullah dalam keadaan menangis dan syekh Ahmad al-Ghumariy berkata "Ya Rasulalllah, doakan aku agar Allah Taala mengampuni dosa-dosaku. Rasulullah menjawab "Allah Taala akan memberikan ampunan kepada dosa-dosamu, bacalah shalawat al-Fatih:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ . نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ . وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ .وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ .
Artinya: “Ya Allah berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad sebagai pembuka apa yang tertutup dan yang menjadi penutup apa yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran yang memberi petunjuk ke  jalan yang lurus. Dan kepada keluarganya, sebenar-benar pengagungan padanya dan sesuai kedudukan beliau yang agung.”

Utamakanlah Kwalitas Amal



"Engkau hendaknya berpikir untuk melakukan amal sebaik mungkin, bukan sebanyak mungkin. Banyak amal jika tidak dilakukan dengan baik adalah seperti pakaian yang banyak jumlahnya, tetapi harganya murah harganya. Sedangkan sedikit amal tetapi berkualitas ( dikerjakan dengan baik ) adalah seperti sedikit pakaian tetapi mahal harganya.



Hati-Hatilah Dengan Dosa Kecil




"suatu perbuatan paling berbahaya yang harus kamu waspadai adalah dosa-dosa kecil. Sebab, ketika berbuat dosa besar, engkau menyadari bahayanya dan segera bertobat. Tetapi, terhadap dosa-dosa kecil, engkau seringkali meremehkannya dan tidak bertobat darinya. Engkau seperti seorang diselamatkan oleh Allah swt dari kejaran seekor harimau ( pemisalan dosa besar ), tetapi kemudian bertemu dan diterkam oleh lima puluh ekor srigala ( pemisalan dosa kecil ).
Allah Ta'ala mewahyukan :

وتحسبونه هينا وهو عند اللّه عظيم

Ukurlah Dirimu Dengan Shalat




"Ukurlah dirimu dengan shalat. Jika ketika shalat engkau tidak memikirkan segala sesuatu selain Allah swt, maka berbahagialah. Tetapi, jika tidak demikian, maka tangisilah dirimu setiap kali kau gerakkan kakimu menuju shalat.
Pernahkah engkau melihat seorang kekasih tidak ingin bertemu kekasihnya? Allah Ta'ala mewahyukan :

إنّ الصّلاة تنهى عن الفحشآء والمنكر

Sesungguhnya shalat akan mencegah dari ( perbuatan-perbuatan ) keji dan mungkar.
( Al-Ankabut, 29 : 45 )

Fadhilah Burdah

Kalam Habib Salim bin Abdullah Asy - Syatiri





Burdah artinya mantel dan juga dikenal sebagai Bur’ah yang berarti shifa (kesembuhan). Imam Busyiri adalah seorang penyair yang suka memuji raja-raja untuk mendapatkan uang. Kemudian beliau tertimpa sakit faalij (setengah lumpuh) yang tak kunjung sembuh setelah berobat ke dokter manapun.
Tak lama kemudian beliau mimpi bertemu Rasulullah S.A.W. yang memerintahkannya untuk menyusun syair yang memuji Rasulullah. Maka beliau mengarang Burdah dalam 10 pasal pada tahun 6-7 H. Seusai menyusun Burdah, beliau kembali mimpi bertemu Rasulullah yang menyelimutinya dengan Burdah (mantel). Ketika bangun, sembuhlah beliau dari sakit lumpuh yang dideritanya.
Qoshidah Burdah ini tersebar ke seluruh penjuru bumi dari timur ke barat. Bahkan disyarahkan oleh sekitar 20 ulama, diantaranya yang terkenal adalah Imam Syaburkhiti dan Imam Baijuri.
Habib Husein bin Mohammad Alhabsyi (saudara Habib Ali Alhabsyi sohibul maulid Simtud Duror) biasa memimpin Dalail Khoiroot di Mekkah. Kemudian beliau mimpi bertemu Rasulullah yang memerintahkannya untuk membaca Burdah di majlis tersebut. Dalam mimpi tersebut, Rasulullah berkata bahwa membaca Burdah sekali lebih afdol daripada membaca Dalail Khoiroot 70 kali.
Ketika Hadramaut tertimpa paceklik hingga banyak binatang buas berkeliaran di jalan, Habib Abdulrahman Al Masyhur memerintahkan setiap rumah untuk membaca Burdah. Alhamdulillah, rumah-rumah mereka aman dari gangguan binatang buas.


Doa Penyembuh Sakit Lumpuh




Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad al-Ghazaliy (lahir 450 H wafat 505 H) dalam kitab Khawashul Qur'an halaman 81-82 menyebutkan terapi untuk menyembuhkan penyakit lumpuh. Beliau meriwayatkan dari Imam Ibnu Qutaibah ia berkata: "Aku pernah melakukan ibadah haji ketemu rombongan yang salah seseorang diantara mereka ada lelaki mengalami lumpuh. Beberapa hari kemudian, betapa terkejutnya diriku melihat orang yang pernah aku temui dalam keadaan lumpuh, hari ini orang itu dalam keadaan sehat afiat sudah tidak lumpuh lagi. Karena penasaran aku bertanya kepadanya: Ya fulan, semoga Allah selalu memberikan kasih sayang-Nya kepadamu, ada gerangan apa sehingga dirimu bisa sembuh dari lumpuh? Lelaki itu menjawab:" pada satu waktu aku pernah berada di dekat sumur zamzam, aku ambil air zamzam di bejana kemudian aku tulis ayat al-Qur'an surat al-Hasyr ayat: 22-24:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ (22) هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ (23) هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (24)

Adab Janazah.




Doa Mayyit Waktu Dimasukkan Ke Lubang Lahad (Kajian Kitab Bulugh al-Maram)

بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العالمين
وصلى الله على سيدنا محمد الفاتح الخاتم وعلى أله وصحبه وسلم

Doa Mayyit Waktu Dimasukkan Ke Lubang Lahad
وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا, عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا وَضَعْتُمْ مَوْتَاكُمْ فِي الْقُبُورِ, فَقُولُوا: بِسْمِ اللَّهِ, وَعَلَى مِلَّةِ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم . (أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ, وَأَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ, وَأَعَلَّهُ الدَّارَقُطْنِيُّ بِالْوَقْف)
Diriwayatkan dari ibnu Umar semoga Allah memberikan keridhaannya kepada keduanya dari Nabi Muhammad shallallahu Alaihi Wa sallam bersabda: " Apabila kalian meletakkan mayyit kalian di dalam kubur, maka ucapkanlah: Bismillah wa Ala Millati Rasulillah shallallahu alaihi wa sallam. (hadis ini di takhrij oleh Imam Ahmad, Imam Abu Daud, Imam Nasa'i. imam Ibnu Hibban mengatakan hadis ini shahih. Imam Daraqutniy menyatakan hadis ini hadis mauquf."

MEMILIH PEMIMPIN MENURUT IMAM AL GHAZALI



Pemimpin mu'min sekalipun brengsek itu lebih utama di bandingkan pemimpin kafir sekalipun adil, di sebabkan keimanan sesorang itu adalah cahaya sedangkan kekafiran itu adalah kegelapan , sekalipun bejat pemimpin yg mu'min kelak akan medapatkan cahaya ( petunjuk ) di karenankan pemimpin itu adalah kholifatullah di muka bumi , lain hal nya pemimpin yg kafir sekalipun baik , tetap saja kekafirannya menutupi akalnya .

(Imam Al Ghazali)

Selasa, 08 April 2014

ENAM BELAS MAKHLUK UNIK

ياجوج ومأجوج وهم أمم لايحصيهم الا الله تعالى طول أحدهم نصف قامة الرجل ولهم أنياب كما للسباع ومخاليب مكان الأظفار وهلب عليه الشعر

1. Ya’juj Ma’juj, mereka adalah umat yang tidak bias menghitung
jumlahnya kecuali Allah Ta’ala, Tinggi mereka adalah separuh tinggi seorang pria, mereka memiliki taring sebagaimana taring binatang buas, cakar di kuku-kuku mereka, dan bebulu lebat.

منسك وهم جهة المشرق بقرب يأجوج ومأجوج لهم آذان مثل آذان الفيلة كل اذن مثل كساء يفترش أحدهم إحدى أذنيه ويلتحف بالأخرى

2. Mansak, mereka berada diarah timur dekat dengan Ya’juj Ma’juj, mereka memiliki telingan yang lebar seperti telinga gajah yang meraka gunakan sebagai alas tidur dan selimut.

أمة في بعض الجبال بقرب سد الإسكندر قصار القدود عراض الوجوه سود الجلود فيها نقط بيض وصفر طول كل احد خمسة أشبار يتوحشون من الخلائق ويتسلقون الأشجار

ASAL USUL GEMPA BUMI & GERHANA MATAHARI

قال الثعلبى لما قتل هابيل تزلزلت الأرض وهى أول زلزلة وقعت في الأرض وكانت في اليوم تزلزل سبع مرات الى سبعة أيام من قتل هابيل وفي ذلك كسفت الشمس وهو أول كسوف وقع في الدنيا. قال الثعلبي لما قتل هابيل نبت الشوك في الاشجار وتغير طعم الفواكه وملح طعم الماء وكان آدم بأرض الهند ولم يكن عنده علم بقتل ابنه هابيل وكان يحبه
Attsa'labi berkata saat habil dibunuh maka bumi bergetar dan ini adalah pertama kali gempa yg terjadi dibumi,dan itu terjadi 7x dalam sehari sampai 7 hari dari kematian habil,oleh karenanya maka matahari jadi tertutup,dan ini adalah pertamanya terjadi gerhana matahari dimuka bumi
Attsa'labi berkata,ketika habil terbunuh maka tumbuhlah duri dipohon2 dan jadi berubah rasa buah-buahan dan jadi asin rasa air,pada saat itu adam masih ditanah hindia dan belum tau kabar tentang kematian anak yg dicintainya yaitu habil

Kisah Barseso

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu menceritakan, ada seorang ahli zuhud bernama Barseso. Dia beribadah dalam kuil selama tujuh puluh tahun yang tidak pernah bermaksiat sedikitpun. Lalu iblis ingin menggoda dengan ilmu hilah (rekayasa), maka pada suatu saat dia mengumpulkan para pembesar setan dan berkata, “Adakah di antara kalian yang mampu merusak Barseso?” Setan putih berkata kepada Iblis, “Saya sanggup merusaknya.” Lalu ia berangkat ke tempat Barseso dengan mengenakan pakaian ulama dan mengenakan sesuatu di atas kepalanya, lalu datang ke kuil Barseso dan memanggilnya. Tetapi dia tidak menjawabnya.

HUKUM MEMILIH PEMIMPIN NON MUSLIM BESERTA WAKIL NYA..


tidak boleh memilih pemimpin non muslim/Haram hukum nya, dan juga tidak boleh memilih wakil pemimpin yg non muslim/haram hukum nya ,pemimpin dan wakil bagaikan sekeping logam yg mempunyai dua sisi, pemimpin adalah wakil dan wakil adalah pemimpin...
Beberapa anjuran ini sudah banyak termaktub dalam alquran diantaranya;
ياايها الذين امنوا لاتتخذوا اليهود و النصرى اولياء بعضهم او لياء بعض ومن يتولهم منكم فانه منهم ان الله لا يهدى القوم الظلمين
المائدة ٥١

Syair Nasehat Sayyidil Walid


Syair dibawah dikutip dari kitab bunga melati karangan Sayyidil Walid Al Allamah Al Arifbillah Al Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf
Allah Yang Maha Esa
Allah Maha Kuasa
Hamba yang banyak dosa
Tiap hari dan masa
Hamba yang sangat hina
Dari air yang hina

Hukum Mendahulukan Umroh Dari Pada Ibadah Haji.


(1). Sah hukumnya bagi seorang muslim mendahulukan umrah sebelum menunaikan ibadah haji dan tidaklah berdosa. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu pernah melakukan umrah tiga kali sebelum menunaikan haji.

(2). Ulama' telah sepakat tentang kebolehan melaksanakan umrah walaupun belum melaksanakan ibadah haji, baik di tahunnya atau tahun berkutnya dan juga boleh melaksnkn haji seblum umroh.

Dasar Pengambilan (1). :

HIZIB


Secara harfiah Hizib dapat diartikan sebagai golongan, atau kelompok bahkan ada yang mengartikan sebgai tentara, Kata Hizib muncul di Al-Quran sebanyak beberapa kali yaitu :
1. Surat Al Maaidah ayat 56 :
وَمَنْ يَتَوَلَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَالَّذِينَ آَمَنُوا فَإِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْغَالِبُونَ
Dan barang siapa yang menjadikan Allah ta’ala, RosulNya dan orang-orang yang beriman sebagai pemimpin, maka sesungguhnya Golongan (Hizbu) Alloh-lah sebagai pemenang.

Bisa Melihat Jin ? Bohong!


Siapa pun di antara orang-orang terpercaya yang mengaku melihat jin, maka tertolaklah kesaksiannya. Sebab, Allah berfirman:”Sesungguhnya ia (syaitan) dan pengikut-pengikutnya melihat kalian dari suatu tempat yang kalian tidak bisa melihat mereka. (QS. Al-A’raaf: 27) “
Imam Asy-Syafi’i berkata di dalam kitab Ahkamulquran. Perkataan ini menandakan bahwa tak mungkin seorang manusia bisa melihat jin. Karena itu, bohong dan pasti bohong orang yang mengaku melihat jin.
Mengapa begitu?

50 CIRI GANGGUAN JIN & SOLUSINYA.


Hal paling mudah membedakan sakit karena gangguan jin atau medis biasa adalah dengan mengenali ciri-ciri gangguan sihir atau eksistensi jin dalam tubuh. Berikut ini adalah ciri umum, ciri saat tidur dan ciri unik lain yang mungkin tidak kita sadari. Tolong diperhatikan, jika ada lebih dari 10 point yang teridentifikasi dengan yakin artinya antum harus mulai melakukan ruqyah mandiri atau minta diruqyah. Semoga menjadi solusi sehat untuk ummat.

HUKUM MEMINTA JABATAN DAN KEWAJIBAN MEMEGANG AMANAH KETIKA DUDUK DI KURSI KE PEMIMPINAN..



Râsulullâh Shâlallâhu 'alaihi wa sallam pernah menasihatkan kepada Abdurrâhman bin Samurâh Râdliyallâhu 'anhu:
يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ سَمُرَةَ، لاَ تَسْأَلُ الْإِمَارَةَ، فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيْتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا وَإِنْ أُعْطِيْتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا
"Wahai Abdurrâhman bin Samurâh, janganlah engkau meminta kepemimpinan. Karena jika engkau diberi tanpa memintanya niscaya engkau akan ditolong (oleh Allâh Ta'ala dengan diberi taufik kepada kebenaran). Namun jika diserahkan kepadamu karena permintaanmu niscaya akan dibebankan kepadamu (tidak akan ditolong)."

NASEHAT AKHIR ZAMAN.


Hb Umar bin Hafidz berkata:
"Bagaimana kalian ini. Kalian mengaku cinta dan memiliki ikatan dengan mereka (ulama/para salaf), namun di rumah kalian setiap hari yang terdengar hanya berita mengenai orang-orang kafir, orang-orang fasik dan para bintang film.

ORANG MATI DAPAT MENDENGAR DO'A KITA


Dari penjelasan di dalam kitab Tafsir Ahkam, Imam Al Qurtubi menguraikan bahwa ayat "Fainnaka laa tusmi'ul mautaa..." (maka sesungguhnya kamu tidak akan sanggup menjadikan orang-orangyang mati itu dapat mendengar...." adalah berkaitan dengan peristiwa pertanyaan sahabat Umar bin Khattab saat Rasulullah saw memanggil tiga orang pemimpin kafir Qurays dalam perang Badar yang telah meninggal bebarapa hari.

SIAPAKAH JIN QORIN ITU.


Jin Qorin adalah jin yang selalu dekat menyertai orang sejak lahir hingga kematian. Qorin inilah yang paham betul dengan tipikal, kebiasaan dan kepribadian orang yang disertainya sehingga tidak aneh jika Qorin sanggup menjawab hal-hal yang bersifat intim dan privasi serta bisa meniru gaya, perilaku bahkan menyamar menjadi orang yang disertainya ketika hidup. Dalam sabdanya Rasulullah SAW telah menegaskan mengenai eksistensi Qorin ini

MENGENAI KEBIASA,AN DAN TIPU DAYA JIN QORIN.


Masih banyak yang beranggapan bila orang matinya tidak wajar seperti karena gantung diri, dianiaya atau tabrakan maka arwahnya akan gentayangan selama 40 hari, bahkan ada yang meminta sesuatu agar arwahnya bisa tenang, kalau tidak dipenuhi dia mengancam akan muncul lagi dan mengganggu keluarganya.
Benarkah anggapan yang demikian ini ? Dalam catatan ini kita akan mencoba menelusuri tentang kebenaran

HARI KIAMAT




QIYAMAT
1. Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. Dan bumi Telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. Pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. Karena Sesungguhnya Tuhanmu Telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka[1596],

Nasa Membenarkan Matahari Akan Terbit dari Barat.


Benar Sabda Rasululah Muhammad SAW
Dibulan ramadhan 1434 H ini. Penulis Tertarik mengkaji masalah-masalah agama dibulan ramadhan ini dan salah satu misteri terbesar yg menjadi perdebatan manusia adalah misteri kapan hari kiamat akan terjadi? Dan benarka suatu saat nanti bumi beserta segalah isinya akan lenyap dan hancur bahkan seluru alam semesta ini ketika terompet sangkakala ditiupkan malaikat isrofil. Sebagaimana diriwayatkan oleh Hadist abu hurairah dibawah ini:

Nasehat KH. Hasan Abdullah Sahal


1. Tidak ada pekerjaan di dunia
ini yang tidak ada hubungannya
dengan akhirat. Menangis ada
hubungannya dengan akhirat,
tertawa, menyanyi, dan
semuanya ada

Hukum Nikah dengan Jin


Di atas pentas ilmiah barang kali kita sudah biasa mendengar istilah kawin lintas agama berikut urgensitas hukum-hukumnya. Namun bagaimanakah urgensitas hukum kawin lintas alam, yakni kedua pasangan bukan dari alam yang sama, seperti seorang pemuda dari bangsa manusia menyunting gadis dari bangsa jin atau sebaliknya?

HUKUM LIBUR SEKOLAH DI HARI AHAD



Pertanyaan:
Dewasa ini banyak Madaris Diniyah Islamiyah yang hari liburnya hari ahad bukan hari jum’at.Apakah ini tidak termasuk dalam maqolah: مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ sehingga hukumnya haram?Dan apabila tidak termasuk dalam maqolah tersebut, sampai dimanakah batas-batas tasyabbuh yang haram itu?

Jawaban:

ANAK HASIL ZINA DI NIKAHI BAPAKNYA (YANG MENZINAHI IBUNYA)..


madzahab syfi`i kalo tidak menikahi ibunya boleh tp makruh krn keluar dari khilaf pendapat imam abu hanifah.
إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 327)
(قوله: لا مخلوقة من ماء زناه) أي لا يحرم نكاح مخلوقه من ماء زناه: إذ لا حرمة لماء الزنا لكن يكره نكاحها خروجا من خلاف الامام أبي حنيفة رضي الله عنه.ومثل المخلوقة من ماء الزنا المخلوقة من ماء استمنائه بغير يد حليلته والمرتضعة بلبن الزنا، وإن أرضعت المرأة بلبن زنا شخص بنتا صغيرة حلت له، ولا يقاس على ذلك المرأة الزانية، فإنها يحرم عليها ولدها بالاجماع.والفرق أن البنت انفصلت من الرجل وهي نطفة قذرة لا يعبأ بها، والولد
انفصل من المرأة وهو إنسان كامل

HIKMAH BACAAN KERAS DAN PELAN DIWAKTU-WAKTU SHALAT..


hikmahnya magrib dan isya' di dikeraskan krn untuk mncari klezatan munajatnya hamba pd TUHANnya klo dzuhur ashar di pelankan krn siang wktu kesibukan dan bercampurnya para manusia krn tidak pantas untuk mngheningkan diri pd munajatnya,,sedangkan shubuh disamakn sholat malam {magrib dan isya'} krn bukan waktu kesibukan.
قوله يسن الجهر ) أي ولو خاف الرياء قال ع ش والحكمة في الجهر في موضعه أنه لما كان الليل محل الخلوة ويطيب فيه السمر شرع الجهر فيه طلبا للذة مناجاة العبد لربه وخص بالأوليين لنشاط المصلي فيهما والنهار لما كان محل الشواغل والاختلاط بالناس طلب فيه الإسرار لعدم صلاحيته للتفرغ للمناجاة وألحق الصبح بالصلاة الليلية لأن وقته ليس محلا للشواغل
ianatut tholibin juz 1 hal 153.

HUKUMAN BAGI KORUPTOR


Yang diperlakuakan dalam ajaran islam bagi seorang KORUPTOR adalah :
1. Harus melunasi tanggungannya/­mengembalikan harta yang ia korupsi
2. Dihukum dengan potong tangan bahkan hingga hukuman mati.
ثم رأيت فى منهاج العابدين للغزالى أن الذنوب التى بين العباد إما فى المال ويجب رده عند المكنة فإن عجز لفقر استحله فإن عجز عن استحلاله لغيبته أو موته وأمكن التصدق عنه فعله وإلا فليكثر من الحسنات ويرجع إلى الله ويتضرع إليه فى أن يرضيه عنه يوم القيامة .اهـ

PEMBAYARAN HUTANG KEPADA ORANG YANG TIDAK DIKETAHUI KEBERADAANNYA..


Berusahalah mencari alamat terakhirnya, bila tidak lagi dapat diketemukan, bersedekahlah bila memang berkemampuan dengan mengatasnamakan namanya, bila tidak punya kemampuan bersedekah, berbuatlah kebajikan sebanyak-banyaknya, serahkan segalanya pada Allah, memohonlah dengan penuh kerendahan agar Allah memberi ampunan atas tanggungan yang belum terlunaskan kelak dihari kiamat.

Waspadai April Mop,

 Hari Pembantaian Salibis terhadap Muslim Spanyol !!
Di Barat, tiap tanggal 1 April diperingati hari “April Mop.” Sedangkan di Indonesia, di berbagai kota besar, tak jarang kaula muda Muslim latah mengikuti tradisi April Mop. Pada hari itu, mereka diperbolehkan dan sah-sah saja menipu teman, mengisengi kawan, ngerjain guru, ngusilin orang tua, membohongi saudara, atau yang sejenisnya, di mana sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya, jika sang target April Mop sudah sadar bahwa dirinya dijadikan target April Mop, mereka juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tapi tidak akan marah sungguhan.

LIMA PILAR KELUARGA SAKINAH DALAM BINGKAI IBNU MALIK


Pertama :
”Kalamuna lafdzun mufidun kastaqim”
yang artinya bahwa perlu adanya komunikasi dengan menggunakan redaksi yang baik dan patut secara kontinyu.Sebab sejatinya dalam membina rumah tangga pasangan suami istri tidak lepas dari masalah yang selalu menggelinding dalam kehidupannya,oleh karena itu komunikasi memiliki peran penting dalam memecahkan dan menyelesaikan sebuah masalah.

MELAMAR PEKERJAAN APAKAH TERMASUK MAKSIAT LISAN.


Agama Islam menjaga kemulyaan seorang muslim, menjaga pemeluknya dari tidak memiliki rasa malu dengan menjalani kehinaan dan kerendahan, Islam melarang pemeluknya meminta-minta karenanya saat seseorang merendahkan dirinya atau merengek-rengek dalam permintaan baik saat meminta harta atau pekerjaan seperti pertanyaan diatas maka tidak diperbolehkan dan tergolong maksiat lisan.
Berbeda dengan lamaran pekerjaan karena penilaiannya tergantung pada sisi kecakapan, keahlian, profesionalitas maka tidak tergolong maksiat lisan diatas.
9 - يحرص الإسلام على حفظ كرامة المسلم ، وصون نفسه عن الابتذال والوقوف بمواقف الذل والهوان ، فحذر من التعرض للصدقة بالسؤال ، أو بإظهار أمارات الفاقة ، بل حرم السؤال على من يملك ما يغنيه عنها من مال أو قدرة على التكسب ، سواء كان ما يسأله زكاة أو تطوعا أو كفارة ، ولا يحل له أخذ ذلك إن أعطي بالسؤال أو إظهار الفاقة . قال الشبراملسي : لو أظهر الفاقة وظنه الدافع متصفا بها لم يملك وَفِي شَرْحِ مُسْلِمٍ وَغَيْرِهِ : مَتَى أَذَلَّ نَفْسَهُ أَوْ أَلَحَّ فِي السُّؤَالِ أَوْ آذَى الْمَسْئُولَ حُرِّمَ اتِّفَاقًا وَإِنْ كَانَ مُحْتَاجًا كَمَا أَفْتَى بِهِ ابْنُ الصَّلَاحِ ، وَفِي الْإِحْيَاءِ : مَتَى أَخَذَ مَنْ جَوَّزْنَا لَهُ الْمَسْأَلَةَ عَالِمًا بِأَنَّ بَاعِثَ الْمُعْطِي الْحَيَاءِ مِنْهُ أَوْ مِنْ الْحَاضِرِينَ وَلَوْلَاهُ لَمَا أَعْطَاهُ فَهُوَ حَرَامٌ إجْمَاعًا وَيَلْزَمُهُ رَدُّهُ .ما أخذه ، لأنه قبضه من غير رضا صاحبه ، إذ لم يسمح له إلا على ظن الفاقة . (1) لقوله صلى الله عليه وسلم : من سأل الناس وله ما يغنيه جاء يوم القيامة ومسألته خموش ، أو خدوش ، أو كدوح قيل : يا رسول الله ، وما يغنيه ؟ قال : خمسون درهما أو قيمتها من الذهب (2) وعنه صلى الله عليه وسلم : إذا سألت فاسأل الله ، وإذا استعنت فاستعن بالله (3) وقال عليه الصلاة والسلام : لا ينبغي للمؤمن أن يذل نفسه . (4) أما إن كان محتاجا إلى الصدقة ، وممن يستحقونها لفقر أو زمانة ، أو عجز عن الكسب فيجوز له السؤال بقدر الحاجة ، وبشرط أن لا يذل نفسه ، وأن لا يلح في السؤال ، أو يؤذي المسئول ، ولم يعلم أن باعث المعطي الحياء من السائل أو من الحاضرين ، فإن كان شيء من ذلك فلا يجوز له السؤال وأخذ الصدقة وإن كان محتاجا إليها ، ويحرم أخذها ، ويجب ردها إلا إذا كان مضطرا بحيث يخشى الهلاك إن لم يأخذ الصدقة ، لحديث : لا ينبغي للمؤمن أن يذل نفسه . فإن خاف هلاكا لزمه السؤال إن كان عاجزا عن التكسب . فإن ترك السؤال في هذه الحالة حتى مات أثم لأنه ألقى بنفسه إلى التهلكة ، والسؤال في هذه الحالة في مقام التكسب ؛ لأنها الوسيلة المتعينة لإبقاء النفس ، ولا ذل فيها للضرورة ، والضرورة تبيح المحظورات كأكل الميتة . (1)
__________
(1) نهاية المحتاج 6 / 169 ، كشاف القناع 2 / 273 ، الاختيار لتعليل المختار 4 / 175 - 176
(2) حديث : " من سأل الناس وله ما يغنيه جاء يوم القيامة " . أخرجه الترمذي ( 3 / 32 - ط الحلبي ) من حديث ابن مسعود ، وقال : حديث حسن .
(3) حديث : " إذا سألت فاسأل الله " . أخرجه الترمذي ( 4 / 667 - ط الحلبي ) . من حديث ابن عباس ، وقال : حديث حسن صحيح .
(4) حديث : " لا ينبغي للمؤمن أن يذل نفسه " . أخرجه الترمذي ( 4 / 523 - ط الحلبي ) من حديث حذيفة ، وقال أبو حاتم الرازي : هذا حديث منكر . كذا في علل الحديث ( 2 / 138 - ط السلفية )
(1) نهاية المحتاج 6 / 169 ، كشاف القناع 2 / 273 ، والاختيار 4 / 176 .
Islam menjaga kemulyaan seorang muslim, menjaga pemeluknya dari tidak memiliki rasa malu dengan menjalani kehinaan dan kerendahan, Islam melarang pemeluknya meminta-minta sedekah atau dengan menampakkan tanda-tanda kepapaan bahkan diharamkan meminta-minta (baca mengemis-pent) bagi orang yang memiliki kecukupan baik berupa harta atau kemampuan untuk bekerja dalam dirinya baik yang ia minta berupa harta zakat, harta sedekah ataupun harta kaffaarat (denda) dan tidak dihalalkan baginya mengambilharta tersebut bila pemberiannya karena unsur meminta-minta atau menampakkan kemiskinan...
Sedang bagi orang yang memang benar-benar membutuhkan sedekah, ia pun berhak memilikinya karena kemiskinan atau kelemahannya atau karena ketidakmampuannya bekerja maka diperbolehkan meminta-meminta sekedar memenuhi kebutuhannya (bukan dalam rangka memperkaya diri) dan dengan syarat tidak merendahkan dirinya saat meminta, tidak merengek-rengek saat meminta, tidak menyakitkan yang dia mintai serta tidak mengetahui bahwa hal yang mendorong pemberi saat bersedekah karena rasa malu padanya atau pada orang-orang lainnya maka meminta dengan ketentuan-ketentuan tersebut diperbolehkan, namun bila tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut tidak diperbolehkan, mengambil sedekahnya juga diharamkan meskipun ia dalam kondisi sangat memerlukan, baginya wajib mengembalikan harta yang terlanjur ia terima kecuali ia dalam kondisi darurat yang dapat mengancam jiwanya bila tidak memanfaatkan harta sedekah tersebut berdasarkan hadits :“Tidak semestinya bagi seorang muslim merendahkan dirinya”.
Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah 24/95
وَفِي شَرْحِ مُسْلِمٍ وَغَيْرِهِ : مَتَى أَذَلَّ نَفْسَهُ أَوْ أَلَحَّ فِي السُّؤَالِ أَوْ آذَى الْمَسْئُولَ حُرِّمَ اتِّفَاقًا وَإِنْ كَانَ مُحْتَاجًا كَمَا أَفْتَى بِهِ ابْنُ الصَّلَاحِ ، وَفِي الْإِحْيَاءِ : مَتَى أَخَذَ مَنْ جَوَّزْنَا لَهُ الْمَسْأَلَةَ عَالِمًا بِأَنَّ بَاعِثَ الْمُعْطِي الْحَيَاءِ مِنْهُ أَوْ مِنْ الْحَاضِرِينَ وَلَوْلَاهُ لَمَا أَعْطَاهُ فَهُوَ حَرَامٌ إجْمَاعًا وَيَلْزَمُهُ رَدُّهُ .
Dalam Syarh Muslim dan lainnya disebutkan “Saat seseorang merendahkan dirinya atau merengek-rengek dalam permintaan atau menyakiti yang dia mintai maka haram menurut kesepakan Ulama meskipun ia dalam kondisi butuh seperti yang difatwakan oleh Ibn as-Sholaah”Dalam Kitab al-Ihyaa’ disebutkan “Bila seseorang mengambil pemberian dari orang yang memberi sementara ia tahu pendorong hati sang pemberi saat memberikan sesuatu didasari perasaan malu padanya atau pada orang-orang yang hadir, bila tanpa perasaan tersebut sang pemberi tidak akan memberinya maka haram mengambilnya menurut kesepakatan ulama dan pemberiannya wajib dikembalikan.
Hasyiyah as-Syibro Malisy 14/34
Wallaahu A'lamu Bis Showaab.
NB;
Melamar pekerjaan bukan sesuatu yang tercela, bahkan jika suatu pekerjaan itu sesuai dengan kualifikasi kita, kita dianjurkan untuk memintanya.
قال اجعلني على خزائن الأرض إني حفيظ عليم
Berkata Yusuf: "Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir); sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan." (Yusuf:55)
Dalam tafsirnya Imam al-Qurthuby menjelaskan makna ayat ini, salah satunya:
Yang ketiga : ayat ini menunjukkan kebolehan seseorang untuk melamar pekerjaan yang mana ia ahli di bidang itu.
الثالثة : ودلت الآية أيضا على جواز أن يخطب الإنسان عملا يكون له أهل

Matan Asy-Syaibaniyah : Kitab Tauhid


متن الشيبانية
Matan Asy-Syaibaniyah
بسم الله الرحمن الرحيم
سأحمد ربي طاعة و تعبدا *1* و أنظم عقدا فى العقيدة أوحدا
Saya akan memuji Tuhanku karena taat dan beribadah * Dan saya akan merenteng kalung yang tersendiri dalam menjelaskan keyakinan

Keagungan Nama Rasulullah Muhammad Dan Ahmad


Syekh Muhammad as-Sayyid at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu menyebutkan dalam kitab al-Fauz wa an-Najah halaman 409: "Siapa saja yang menulis kalimat ( محمد رسول الله ) dan ( أحمد رسول الله ) sebanyak 35 kali di satu kertas pada hari Jum'at selesai mengerjakan shalat Jum'at dalam kondisi thaharah (bersuci) secara sempurna. Jika ia bawa kertas tersebut, maka dengan izin Allah ia akan diberikan kekuatan dalam melakukan perbuatan taat, mendapat maunah (pertolongan) dan dijauhkan dari kejahatan bala tentara syaitan. Apabila ia memandangi kertas tersebut pada setiap harinya saat terbit matahari sambil membaca shalawat kepada Rasulullah Shalllahu alaihi wa sallam, maka ia akan mendapat peluang besar melihat Rasulullah dalam mimpi tidurnya."

Karamah Wali VS Ilmu Uka-Uka


Syaikh Shalahuddin at-Tijaniy al-Hasaniy Hafizhahullah dalam karya beliau ar-Rahiqul Makhtum mengutip dari kitab Kasyful Hijab, menyebutkan tentang karomah-karomah Sayyidi Syekh al-Quthub al-Imam Ahmad Bin Muhammad at-Tijaniy al-Hasaniy Radhiyallahu Anhu di antaranya:
Ketika seorang Qadhiy (hakim agung) Syekh Muhammad Bin Ahmad al-Jabariy Rahimahullah beliau adalah ulama besar yang berafiliasi dalam thoriqoh Tijaniy beliau juga menjadi salah satu orang khusus dari Ashhab (murid) Sayyidi Syekh Ahmad Tijani yang mendapat al-Fathul Akbar, mendengar ada seorang Yahudi blongkotan masuk Islam, bahkan menurut kabar yang terdengar Yahudi yang sudah masuk Islam tersebut memiliki kasyaf (bisa melihat catatan lauhil mahfuzh) sehingga ia bisa menebak isi hati seseorang dan memprediksi kejadian-kejadian di masa yang akan datang.

Kemulian Di atas Kemulian (Thariqah Pilihan)


Segala puji bagi Allah Taala yang telah menjadikan para wali sebagai pewaris para Nabi. Dia yang telah menakdirkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam sebagai Nabi paling mulia dan menentukan Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu Anhu sebagai pemangku kedudukan sebaik-sebaik para wali. Semoga Allah Taala menjadikan kita orang-orang yang mengamalkan Thariqah beliau dengan kebesaran pangkat Rasulullah sehingga kita mendapat limpahan anugrah Allah Taala.

Nabi Musa pun berguru pada Nabi Khidhir


Diceritakan bahwa setelah Nabi Musa a.s berhasil mengalahkan orang-orang kafir, beliau di perintahkan oleh Allah agar menyeru manusia untuk memperbanyak syukur kepadaNya. Suatu ketika ia ditanya oleh seseorang tentang siapa yang paling berilmu (alim) pada saat itu spontan Nabi Musa menjawab bahwa dirinyalah yang paling alim saat itu. Jawaban itulah yang selanjutnya menjadi penyebab merantaunya Nabi Musa mencari hamba Allah yang memiliki ilmu yang jauh lebih tinggi dibanding dirinnya.
Seperti yang dituturkan oleh Al Qur’an Al Karim surat Al Kahfi : 60 – 65.

QUNUT NAZILAH


Qunut Nazilah ialah Qunut diselain shalat subuh dan witir dibulan Ramadhan diperbolehkan menurut mayoritas ulama, qunut ini dilakukan saat bencana melanda kaum muslimin.
واما غير الصبح من المكتوبات فهل يقنت فيها فيه ثلاثة اقوال حكاها امام الحرمين والغزالي وآخرون (الصحيح) المشهور الذى قطع به الجمهور ان نزلت بالمسملين نازلة كخوف أو قحط أو وباء أو جراد أو نحو ذلك قنتوا في جميعها وإلا فلا(والثانى)يقنتون مطلقا حكاه جماعات منهم شيخ الاصحاب الشيخ أبو حامد في تعليقه ومتابعوه(والثالث) لا يقنتون مطلقا حكاه الشيخ أبو محمد الجويني وهو غلط مخالف للسنة الصحيحة المستفيضة " ان النبي صلي الله تعالي عليه وسلم قنت في غير الصبح عند نزول النازلة حين قتل اصحابه القراء

FADHILAH BASMALLAH


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (1) فصل في فضلهاقال الإمام العالم الحبر العابد أبو محمد عبد الرحمن بن أبي حاتم، رحمه الله، في تفسيره:
حدثنا أبي، حدثنا جعفر بن مسافر، حدثنا زيد بن المبارك الصنعاني، حدثنا سلام بن وهب الجَنَديّ، حدثنا أبي، عن طاوس، عن ابن عباس؛ أن عثمان بن عفان سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن بسم الله الرحمن الرحيم. فقال: "هو اسم من أسماء الله، وما بينه وبين اسم الله الأكبر، إلا كما بين سواد العينين وبياضهما (1) من القرب".وهكذا رواه أبو بكر بن مَرْدُويه، عن سليمان بن أحمد، عن عليّ بن المبارك، عن زيد بن المبارك، به (2) .وقد روى الحافظ ابن مَرْدُويه من طريقين، عن إسماعيل بن عياش، عن إسماعيل بن يحيى، عن مِسْعَر، عن عطية، عن أبي سعيد، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن عيسى ابن مريم أسلمته أمه إلى الكتَّاب ليعلمه، فقال المعلم: اكتب، قال (3) ما أكتب؟ قال: بسم الله، قال له عيسى: وما باسم الله؟ قال المعلم: ما أدري (4) . قال له عيسى: الباء بَهاءُ الله، والسين سناؤه، والميم مملكته، والله إله الآلهة، والرحمن رحمن الدنيا والآخرة، والرحيم رحيم الآخرة".وقد رواه ابن جرير من حديث إبراهيم بن العلاء الملقب: زِبْرِيق، عن إسماعيل بن عياش، عن إسماعيل بن يحيى، عن ابن أبي مُلَيْكة، عمن حدثه، عن ابن مسعود، ومسعر، عن عطية، عن أبي سعيد، عن النبيّ صلى الله عليه وسلم، فذكره (5) . وهذا غريب جدًا، وقد يكون صحيحًا إلى من دون رسول الله صلى الله عليه وسلم، ويكون من الإسرائيليات لا من المرفوعات، والله أعلم.وقد روى جُوَيبر (6) ، عن الضحَّاك، نحوه من قبله.وقد روى ابن مَرْدُويه، من حديث يزيد بن خالد، عن سليمان بن بريدة، وفي رواية عن عبد الكريم أبي (7) أمية، عن ابن بريدة، عن أبيه؛ أن رسول الله (8) صلى الله عليه وسلم قال: "أنزلت عليّ آية لم تنزل على نبي غير سليمان بن داود وغيري، وهي بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ" (9) .وروي بإسناده عن عبد الكبير (10) بن المعافى بن عمران، عن أبيه، عن عمر بن ذَرّ، عن عطاء بن أبي رباح، عن جابر بن عبد الله، قال: لما نزل { بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ } هرب الغيم إلى المشرق، وسكنت الرياح، وهاج البحر، وأصغت البهائم بآذانها، ورُجِمت الشياطين من السماء،

Bersatulah Dengan Menyambungkan Sanad Ilmu


Permasalahan besar dalam dunia Islam adalah penyalahgunaan istilah syiah dan salaf
Syiah artinya pengikut, permasalahannya adalah pengikut yang sholeh atau pengikut yang tidak sholeh.
Salaf artinya orang terdahulu, permasalahannya adalah orang terdahulu ada yang sholeh dan ada yang tidak sholeh.

HUKUM MEMILIH PEMIMPIN NON MUSLIM BESERTA WAKIL NYA..


tidak boleh memilih pemimpin non muslim/Haram hukum nya, dan juga tidak boleh memilih wakil pemimpin yg non muslim/haram hukum nya ,pemimpin dan wakil bagaikan sekeping logam yg mempunyai dua sisi, pemimpin adalah wakil dan wakil adalah pemimpin...
Beberapa anjuran ini sudah banyak termaktub dalam alquran diantaranya;
ياايها الذين امنوا لاتتخذوا اليهود و النصرى اولياء بعضهم او لياء بعض ومن يتولهم منكم فانه منهم ان الله لا يهدى القوم الظلمين
المائدة ٥١

MACAM-MACAM SUJUD


Dalam ibadah yang berhubungan dengan shalat, sering kita jumpai ada berbagai macam sujud, yaitu sujud biasa (sujud rukun dalam shalat) sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud tilawah.
Sujud tersebut bukan sekedar membungkukkan punggung atau menyungkurkan dahi ke bumi dengan cara-cara tertentu melainkan pengakuan dalam hati bahwa dirinya adalah hamba yang sangat lemah dan hina di hadapan Allah yang maha besar, Dzatr yang tiada terbatas kekuasaan-Nya.
Berikut ini kami terangkan macam-macam sujud tersebut :

Do'a dan Amalan mendekatkan JODOH



• Untuk laki-laki :
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
ROBBANAA HAB LANAA MIN AZWAAJINAA WA DZURRIYYAATINAA QURROTA A'YUN, WAJ'ALNAA LIL MUTTAQIINA IMAAMAA
"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS; Alfurqon ayat 74)

HUKUM GOLPUT

Hukum memilih pemimpin adalah fardu kifayah.. Memilih/mengangkat pemimpin adalah fardlu kifayah.
  ذهب اليه جمهور العلماء ليس وجوبا عينيا بل هو وجوب كفائي شأنه شأن سائر الواجبات الكفائية من جهاد وطلب علم ونحو ذلك فإذا بهذه الوظيفة من يصلح لها سقط وجوبها على كافة المسلمين . مغني المحتاج ٥/٤١٨
Kalau kita golput,,maka yang akan menang orang yang di dukung oleh partai yang membawa mudharat pada agama kita yaitu Non Muslim

HUKUM BEKERJA KEPADA NON MUSLIM.

Menurut pendapat yang paling shahih pada madzhab Syafi’i boleh sedang madzhab Hanbali sepakat membolehkannya. MADZHAB SYAFI’I
  فرع يجوز أن يستأجر الكافر مسلماً على عمل في الذمة كدين في ويجوز أن يستأجره بعينه على الأصح حراً كان أو عبدا
Diperbolehkan non muslim menyewa orang muslim untuk mengerjakan sesuatu yang masih ada dalam tanggungan (masih akan dikerjakan kemudian) sebagaimana orang muslim boleh membeli sesuatu dari orang non muslim dengan bayaran yang masih ada dalam tanggungan (hutang), dan diperbolehkan orang muslim boleh menyewakan dirinya (tubuh/tenaganya) kepada orang non muslim menurut pendapat yang paling shahih baik ia merdeka atau sahaya” Raudhah at-Thoolibiin I/403

MEMAHAMI MOTTO ‘KEMBALI KEPADA AL-QUR'AN&SUNNAH’

Golongan Salafi&Wahabi memiliki motto ‘Kembali kepada al-Qur'an dan Sunnah’. Mereka mengajak umat untuk kembali kepada al-Qur'an dan Sunnah. Kenapa? Karena, tentunya, al-Qur'an dan Sunnah merupakan sumber ajaran Islam yang utama yang diwariskan oleh Rasulullah SAW, sehingga siapa saja yang menjadikan keduanya sebagai pedoman, maka ia telah berpegang kepada ajaran Islam yang murni dan berarti ia selamat dari kesesatan. 

SILSILAH KITAB-KITAB FIQH MAZHAB SYAFI’I

. Kitab Fiqih dalam Mazhab Syafi’i Rhl. Yang dikarang oleh Ulama’-ulama’ Syafi’i dari abad keabad adalah mewarisi pusaka ilmu, kitab-kitab tersebut dikarang oleh sahabat-sahabat Imam Syafi’i Rhl. (Ulama’-ulama’ pengikut Syafi’i) 

HAKIKAT IBADAH

قَالَ الشَّيْخُ نَجْمُ الدِّيْنِ اَلْكِبْرِىْ : اَلشَّرِيْعَةُ كَالسَّفِيْنَةِ وَالطَّرِيْقَةُ كَاْلبَحْرِ وَلْحَقِيْقَةُ كَالدُّرّ ِفَمَنْ أَرَادَ الدُّرّ َرَكِبَ ِفيْ السَّفِيْنَةِ ثُمَّ شَرَعَ ِفيْ اْلبَحْرِ ثمُ َّوَصَلَ ِالىَ الدُّرّ ِفَمَنْ تَرَكَ هٰٰذَا التَّرْتِيْبَ َلا يَصِلُ اِلىَ الدُّر ِ 

Syakh Najmuddin berkata “Syariat itu bagaikan perahu, thariqah bagaikan laut sedang haqiqat bagaikan intan permata di tengah lauatan, barangsiapa mengiginkan intan permata itu maka dia harus naik perahu dan berlayar ke tengah lautan kemudian menyelam ke dasar laut, dengan cara itulah dia akan menemukan intan permata. Dan barang siapa meninggalkan urutan/tata cara ini maka dia tidak akan sampai dan tidak akan menemukan sebuah intan/permata”

ETIKA TINGGAL SERUMAH DENGAN KELUARGA NON MUSLIM





 Diperbolehkan bergaul dan interaksi sosial dengan baik dan elegan (al-mu’asyarah al-jamilah) dengan mereka di dunia.

 واعلم أن كون المؤمن موالياً للكافر يحتمل ثلاثة أوجه أحدها : أن يكون راضياً بكفره ويتولاه لأجله ، وهذا ممنوع منه لأن كل من فعل ذلك كان مصوباً له في ذلك الدين ، وتصويب الكفر كفر والرضا بالكفر كفر ، فيستحيل أن يبقى مؤمناً مع كونه بهذه الصفة . وثانيها : المعاشرة الجميلة في الدنيا بحسب الظاهر ، وذلك غير ممنوع منه . والقسم الثالث : وهو كالمتوسط بين القسمين الأولين هو أن موالاة الكفار بمعنى الركون إليهم والمعونة ، والمظاهرة ، والنصرة إما بسبب القرابة ، أو بسبب المحبة مع اعتقاد أن دينه باطل فهذا لا يوجب الكفر إلا أنه منهي عنه ، لأن الموالاة بهذا المعنى قد تجره إلى استحسان طريقته والرضا بدينه ، وذلك يخرجه عن الإسلام “

Nilai Dunia dan Ambisi Menjadi Pemimpin

Perbedaan zaman Salafus-sholeh yang paling kentara dengan zaman sekarang, salah satunya dalam ambisi kepemimpinan. Dulu, khususnya zaman sahabat, mereka saling bertolak-tolakan untuk menjadi pemimpin. Abu Bakar Shiddiq diriwayatkan, sebelum diminta menjadi Khalifah menggantikan Rasulullah mengusulkan agar Umar yang menjadi Khalifah. Alasan beliau karena sayyidina Umar adalah seorang yang kuat.Tetapi Sayyidina Umar menolak, dengan mengatakan, kekuatanku akan berfungsi dengan keutamaan yang ada padamu. Lalu sayyidina Umar membai’ah Abu Bakar dan diikuti oleh sahabat-sahabat lain dari Muhajirin dan Anshor. 

MIMPI BERTEMU NABI MUHAMMAD

Ibnu Abbas ra. menuturkan, “Rasulullah dengan kepala terbalut, membuka satir (penutup) yang digunakan untuk menutupi beliau selama sakit sebelum ajalnya, bersabda: ‘Ya Allah, apakah aku sudah sampai? (Diucapkanhingga 3 kali). Kabar gembira kenabian tak akan ada lagi, kecuali mimpi yang benar, yakni mimpi seorang hamba yang shaleh atau ia diperlihatkan (secara langsung atau melalui mimpi).’” (HR Muslim) 
Anas r.a. juga menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Pengangkatan rasul dan kenabian telah berakhir, karena itu tidak ada nabi dan rasul setelahku.” Lalu, beliau melanjutkan sabdanya, “Maka, hal itu membuat manusia keberatan.” Beliau pun bersabda, “Tetapi, ada kabar gembira.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kabar gembira itu?” Beliau menjawab, “Mimpi seorang Muslim, karena itu adalah salah satu bagian dari kenabian.” (HR At-Tirmidzi) 

MIMPI BERTEMU NABI DAN CIRI-CIRI BELIAU.

Abu Qatadah ra. menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “Mimpi yang benar berasal dari Allah, sedangkan al-hulmu (lamunan dalam tidur) berasal dari setan. Barangsiapa bermimpi (melihat) sesuatu yang tidak disukainya, maka meludahlah ke arah kirinya tiga kali dan meminta perlindungan (Allah) dari setan, karena (dengan begitu) ia tidak dapat membuat si orang itu bahaya. Dan bahwasanya setan tidak akan terlihat seperti diriku.” (HR Bukhari dan Muslim)